Beberapa Tips Tepat Memilih Furniture

Beberapa Tips Tepat Memilih Furniture

Ketika datangnya tahun baru, maka saatnya kamu untuk menciptakan suasana rumah yang lebih nyaman dengan menata dan mendekorasi ulang setiap sudut ruang di rumah kamu. Cobalah kamu rubah kembali tata letak perabot ataupun furniture sehingga akan terkesan tampak baru.

Untuk mengisi ruangan yang kosong, tidak ada salahnya kamu membeli furniture baru. Tetapi bukan perkara mudah ketika kamu akan memilih furniture. Ketika memilihnya jangan hanya karena sesuai dengan selera saja, padahal nyatanya tidak selaras dengan konsep rumah kamu.

Terlebih lagi jika kamu tidak memperhatikan kebutuhan rumahmu misalnya saja kebutuhan bagi anak anak atau balita, dari sisi bahannya kotor atau tidak, dan yang lainnya.

Sebaiknya kamu memilih furniture yang mengutamakan fungsi dan kenyamanan, pasalnya fungsi rumah ini adalah untuk tempat beristirahat melepaskan penat setelah seharian beraktivitas, serta tempat berlindung dari panas dan hujan.

Jika kamu membeli furniture hanya karena ikut ikutan tren saja, maka pastinya tidak akan bertahan lama, dan bahkan dikemudian hari akan timbulnya penyesalan. Sebagai contoh saja ketika kamu tergiur oleh sebuah furniture yang ditawarkan di media sosial hanya karena unik desainnya.

Dimana ditampilkannya foto foto produk furniture yang begitu menarik, sehingga membuat kamu tergiur untuk membelinya. Padahal seringkali esensinya itu hilang sama sekali, sehingga kamu jangan sampai salah ketika membelinya.

Untuk menghindari kondisi yang seperti itu, maka ikutilah beberapa tips tepat memilih furniture diantaranya yaitu : 

Memperhatikan Skala Ruangan Sebagai Dasar Untuk Memilih Furniture

Tidak sedikit orang yang belum memahami tentang konsep untuk mendesain sebuah ruangan sehingga membuat mereka tidak mengetahaui bagaimana caranya memilih furniture yang sesuai dengan besarnya ruangan. 

Menyesuaikan Dengan Konsep Ruangan 

Sekarang ini di pasaran telah banyaknya tersedia konsep desain interior ruangan. Mulai dari adanya model klasik, minimalis, kontemporer, dan yang lainnya. Dimana konsep tersebut akan berbeda beda bentuk furniture dan ambience ruangannya.

Sebagai contohnya jika rumah kamu akan dibangun dengan menggunakan konsep desain interior ala kerajaan maka kamu harus memilih furniture dengan gaya klasik seperti dari kayu dan juga ukiran ukiran. Tetapi jika kamu ingin sebuah ruangan yang terlihat bersih, lega, dan tidak terlalu banyak detail, maka kamu harus memilih jenis furniture yang minimalis.

Oleh karena itu kamu harus memilih furniture yang sesuai dengan konsep desain interior rumah kamu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dan fokus ketika memilih furniture.

Menyesuaikan Dengan Budget

Bisa dibilang harga furniture terbaru pastinya dibandrol dengan harga mahal. Oleh karena itu ketika memilih furniture juga kamu harus menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki.

Selain itu kamu harus mengatur anggaran untuk membeli furniture. Sebagai contoh jangan sampai kamu membeli sebuah sofa dengan harga yang mahal, tetapi malah membeli tempat tidur dengan harga murah. Memang kamu akan menghabiskan banyak waktu di sofa, tetapi tidak ada salahnya jika kamu menginvestasikan dana lebih banyak untuk kenyamanan beristirahat.

Memilih Material Furniture

Bisa menjadi hal yang cukup teknis ketika kamu akan memilih material furniture. Tetapi orang yang awam sekalipun pastinya akan mengetahui jika kayu solid itu akan lebih bagus jika dibandingkan material partikel board yang mudah hancur ketika terkena air. Ketika memilihnya juga kamu harus menyesuaikannya dengan konsep desain interior rumah kamu. 

Selain itu juga ketika membicarakan masalah furniture maka pastinya kamu juga harus memperhatikan warnanya. Sebagai contoh ketika kamu sudah membeli sofa berwarna biru, maka warna cat ruangannya harus bisa menyesuaikan. 

Wulan

Leave a Reply